Jangan Mau Rugi Carilah Keuntungan

9+ Kue Tradisional Lezat Yang Harus Di Beli

Kue tradisional

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak rempah-rempah dan hasil pertanian yang melimpah jadi tidak heran jika banyak daerah di indonesia yang memiliki makanan dan kue tradisional masing-masing, sehingga banyak turis yang berkunjung untuk mencoba makanan dan kue tradisional Indonesia.

Kali ini kita akan membahas 10 macam-macam kue tradisional yang tersebar di Indonesia dan wajib di beli. Berikut ini daftar kue yang membuat lidah kalian ketagihan.

1. Klepon

Kelepon atau Klepon merupakan makan tradisional atai kue tradisional yang berasal dari Indonesia. Klepon terbuat dari tepung beras ketan yang di olah menjadi bentuk bola-bola kecil dan di dalamnya di isi dengan gula erah lalu di rebus dengan air mendidih. jika sudah selesai Klepon di sajikan mengunakan parutan kelapa dan biasanya di letakan di wadah daun pisang.

klepon ini sangat cocok untuk semua kalangan, baik dari yang muda sampai yang tua. Hal ini disebabkan karena klepon memiliki tekstur yang tidak keras melainkan sebaliknya, klepon memiliki tekstur yang kenyal sehingga dapat memudahkan untuk di makan.

2. Serabi

Di Indonesia ada dua macam serabi yauti serabi manis dan serabi asin. Jajanan Serabi terbuat dari campuran santan dan tepung beras yang di pangang dengan wajan besi kecil yang berbentuk cekung di atas panasnya bara api. Hal itulah yang membuat bagian bawah Serabi menjadi gosong atau hitam.

Serabi di hidangkan dengan berbagi macam. Serabi manis di hidangkan mengunakan kuah santan atau kuah kinca, Serabi asin di hidangkan dengan Kelapa parut di atasnya .

3. Getuk

Getuk ini adalah jajanan yang terbuat dari singkong yang direbus atau dikukus lalu dicampur dengan pemanis gula merah boleh juga dengan mentega agar terasa gurih setelah itu dihaluskan. Lalu di sajikan mengunakan parutan kelapa.

Getuk banyak di temukan di daerah Jawa Tenggah dan Jawa Timur. Ada banyak macam getuk di Jawa mulai dari getuk Lindri/Lidri, Getuk trio, Getuk Gulung. Biasanya memiliki beragam warna ada hijau, kuning, merah, putih, biru.

4. Onde-Onde

Rasa manis, gurih, dan asin semua terpadukan menjadi satu dalam jajanan satu ini. Onde-Onde terbuat dari adonan tepung ketan bisa juga mengunakan tepung terigu yang di dalamnya terdapat kacang hijau atau dengan selai coklat dan setelah itu di taburi dengan wijen.

Jajanan ini banyak di gemari orang karena rasanya yang unik dan cara makannya yang tidak ribet. Onde-Onde juga banyak di temukan di pinggir jalan dan pedagang kaki lima

5. Kue Lumpur

Kue lumpur ini merupakan makanan ringan yang biasanya di hidangkan di ruang tamu. Jajanan tradisional ini dapat kalian temui dimana saja, mulai dari pasar tradisional bahkan sampai tempat perbelanjaan modern.

Jajanan tradisional ini dibuat dari tepung terigu, santan, kentang, telur, dan vanilla sebagai rasa tambahan. Kue Lumpur memiliki tekstur yang lembut dan juga kenyal cocok untuk di hidangkan dengan teh manis saat acara bersama teman-teman sehingga menciptakan suasana yang harmonis.

6. Kue Cucur

Kue Cucur ini jika dilihat memiliki warna dan bentuk yang sangat unik sekali yakni warna coklat gelap dan bentuk yang melengkung ke atas . Dengan begitu apabila telah sekali mengigitnya maka akan sangat ketagihan sehingga tidak berhenti memakan kue Cucur ini.

Kue cucur ini terbuat dari adonan tepung terigu, tepung beras, gula pasir atau gula merah dan tambahan air. Kue ini memiliki tektur yang empuk namun memiliki rongga dengan rasa manis dari gula yang pas sehingga tidak terlalu manis membuat tidak cepat bosan untuk makan kue tradisional ini.

Untuk membeli kue cucur kalian cukup mencarinya di toko kue di pasar saat pagi hari atau saat matahari belum terbit maka akan sangat banyak pedagang yang menawarkan.

7. Kue Pancong

Creative Image

Kue Pancong adalah kue khas Betawi. yang dapat kalian banyak jumpai di Jakarta. para pedagang kaki lima biasanya mensajikannya langsung di masak depan pembeli. kue ini akan terasa lebih nikmat ketika masih hangat.

Jajanan ini terbuat dari santan yang di campur dengan tepung beras lalu adonan yang telah tercampur di panggang mengunakan cetakan yang khas. Jika sudah matang kalian dapat menambahkan topping gula untuk penyeimbang antara rasa kue pancong yang gurih.

8. Putu Mayang

Putu mayang terbuat dari tepung beras, tepung tapioka, santan yang di masak mengunakan api yang kecil sampai mengumpal. Setelah itu di cetak mengunakan daun pisang yang di beriminya dan di kukus sampai matang. Sehingga memiliki tekstue yang kenyal dan juga lembut.

Putu mayantg banyak di jumpai ketika saat ada acara seperti nikahan atau acara adat lainnya. Jajanan tradisional ini tergolonng basah karena penyajiannya mengunakan kuah manis dari gula jawa. Saat memakan kue ini akan terasa perpaduan rasa antara manis dan juga rasa gurih yang bercampur di mulut.

9. Dodol

kue tradisional dodol

Dodol memiliki banyak sebutan tergantung daerah tersebut dan setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Seperti di Jawa Timur dan Jawa Tenggah Dodol biasa di sebut dengan Jenang, ada juga lempok yaitu dodol yang terbuat dari durian.

Bahan dasar dalam membuat Dodol sama semua yakni santan kelapa, tepung ketan, gula merah, dan gula pasir bisa juga di tambah dengan rasa buah-buahan. Jajanan tradisonal ini memiliki rasa yang manis dan teksturnya yang padat sehingga gampang untuk di bawa pergi dan untuk di buat persedian

Jika ingin membeli Dodol tidak perlu bingung karena sudah banyak pedagang yang menjual dodol mulai dari pasar tradisional sampai pasar modern. hal ini di karenakan dodol yang tidak gampang basi dan sangat gampang untuk di perjual belikan.

10. Lupis

kue tradisional lupis

Kue tradisional di Jawa satu ini biasanya di jadikan sebagai penganti sarapan karena jajanan ini bisa mengenyangkan perut. Cocok bagi kalian yang tergesa-gesa ketika ingin pergi ke kantor maupun berangkat ke sekolah.

Lupis ini terbuat dari beras ketan dan biasanya juga di kasih pisang di dalamnya hal itulah yang membuat kenyang ketika di buat untuk sarapan. Jajana ini memiliki rasa manis dan gurih yang berasal dari beras ketan. lebih nikmat lagi apabila di sajikan dengan teh hangat hal iki akan menjadikan duet yang sempurna untuk mengawali pagi yang indah

Penutup

Mungkin pada kesempatan kali ini cukup 10 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Di Beli yang kita bahas dalam artikel kali ini. jangan lupa untuk membaca artikel lainya dan pantenginb terus website Oentung.com karena kita akan membahas banyak artikel yang menarik Baca disini.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *