Skip to content

Macam-Macam Ikan Aquascape

Aquascape merupakan kegetolan mengatur tanaman air, bebatuan, kayu,dan tidak lupa dengan berbagai jenis ikan cantik, sehingga terbentuk nilai estetik di dalamnya. Rata-rata Jenis ikan untuk aquascape memiliki ukuran relatif kecil sampai sedang.

Jangan samapi salah memilih ikan untuk, karena ada banyak jenis ikan lainnya yang bisa merusak aquascape di rumahmu. Pilih lah Ikan seperti guppy dan neon tetra, karena mereka tidak akan merusak tumbuhan yang ada di dalam aquascape tersebut.

Jenis ikan tersebut bisa kita kombinasikan kedalam aquascape sehingga terlihat lebih menarik perhatian. Kerena ke estetikannya kamu lebih betah melihat lama-lama aquascape tersebut. Yuk, lihat apa saja jenis ikan aquascape terbagus yang bisa kamu jadikan pilihanmu.

1. Rainbow Fish

macam ikan aquascape

Ikan rainbow menjadi salah satu jenis ikan paling populer di kalangan aquascaping. hal itu karena memiliki warna cerah alami yang bisa memantulkan cahaya di akuarium. Itulah yang menyebabkan nilai ke estetikan aquascape bertambah.

Harga Rainbow fish sekitar Rp 15.000 per ekornya.

2. Angel Fish

Angel fish sering di pakai dalam projek aquascaping. Akan tetapi, Angel fish lebih sensitif daripada jenis ikan lain terhadap perbedaan kualitas air. Ikan angel fish untuk aquscape ini sangat cocok digabungkan bersama jenis tanaman yang mencegah penurunan pH akuarium.

Harga Angel fish sekitar Rp 5.000

3. Discus

Discus adalah jenis ikan paling unik dan memiliki tubuh warna-warni yang sangat cocok untuk aquascape. Warna cerah pada Discus ini di butuhkan pada perairan yang gelap untuk menemukan dan menarik pasangan. Ikan discus ini berasal dari sungai Amazon.

Harga Discus sekitar Rp 15.000 sampai Rp 100.000 per ekornya.

4. Zebra Danio

Kenapa Ikan hias kecil memiliki nama untuk Zebra danio ? karena ikan ini mempunyai corak garis mirip zebra. Bentuk garis yang unik ditambah dengan keberagaman warna menjadikan ikan zebra danio ini sangat banyak di sukai khususnya untuk ikan berwarna biru dan merah.

Harga Zebra danio sekitar Rp 10.000 per ekornya.

5. White Cloud

Ikan white cloud mempunyai corak dengan warna khas yang sangat cantik dan memanjakan mata bagi yang melihatnya. Ikan dengan sirip panjang dan cantik ini memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu penghuni dengan kombinasi

6. Ikan Guppy

ikan aquascape

Ikan Guppy memiliki bentuk tubuh kecil mungil dan tidak lupa sirip yang memiliki bermacam-macam warna. Menjadikan ikan guppy salah satu ikan favorit untuk di pelihara pada aquascape. Warna yang cantik membuat kita akan betah memandang aquascape.

Harga ikan Guppy sekitar Rp 3.000 per ekornya

7. Chili Rasbora

Ikan Chili rasbosa ini mempunyai ukuran yang sangat kecil sehingga sangat cocok untuk kita jadikan isi dari aquascape yang sama kecilnya. Ciri khas dari ikan chili rasbora ini adalah mempunyai warna merah terang dari bagian ujung kepala sampai ke bagian ujung ekor.

Harga Chili Rasbosa sekitar Rp 8.000 per ekornya

8. Siamese Algae Eater

Ikan SAE atau Siamese Algae Eater ini tentu sangatlah cocok untuk kita jadikan ikan aquascape. Hal itu karena ikan SAE (Siamese Algae Eater) adalah ikan yang memakan lumut. Ciri khas ikan SAE adalah mempunyai corak berwarna silver dan garis hitam dari bagian depan sampai ekor.

Harga Siamese Algae Eater sekitar Rp 6.000 per ekornya.

9. Ikan Cupang

macam ikan aquascape

Ikan cupang adalah jenis ikan yang memiliki tampilan yang cantik dan uni, akan tetapi ikan cupang suka berkelahi. Jenis ikan cupang sendiri termasuk dalam kumpulan ikan yang agresif dan suka menyerang sesama.

Ikan cupang yang paling banyak diburu kolektor adalah jenis ikan cupang yang mempunyai sirip yang indah dan warna yang indah. Karena saat berenang, sirip ini terlihat tenang dan terkesan mempunyai wibawa dan tubuh yang mempesona.

1. Ikan Cupang Serit

Selain ikan cupang Halfmoon, ikan cupang Crown Tail ini juga mempunyai keunikan dan ciri khas yang sama seperti namanya. ikan cupang ini dinamakan Crown Tail / ekor mahkota karena memiliki ekorn yang akan berbentuk menyerupai mahkota saat dibalik.

Ikan Cupang crwon tail termasuk golongan ikan cupang yang mahal karena cukup langka. Ikan cupang crown tail atau serit ini banyak di budidayakan oleh orang Indonesia. Jenis ini memiliki bentuk sirip yang menyerupai sisir rambut atau serit.

Daftar Harga Ikan Cupang Serit / Crown Tail :

  • Cupang Crown tail nakan setikar Rp 15.000 per ekornya.
  • Cupang Crown tail Indukan / dewasa sekitar Rp 60.000 per ekornya.
  • Cupang Crown tail Juara sekitar Rp 300.000 per ekornya.

2. Ikan Cupang Halfmoon

Sesuai seperti namanya, keunikan ikan cupang halfmoon ini mempunyai sirip dan ekor yang seakan – akan menyatu dan membentuk setengah lingkaran. Terlihat angat indah, bukan?

Ikan cupang halfmoon memiliki arti ikan cupang separuh bulan. Menurut sejarahnya, ikan cupang halfmoon ditemukan pada tahun 1982 oleh peternak yang berasal dari Amerika Serikat. Nama Halfmoon mulai dikenal masyarakat Indonesia pada tahun 2000.

Daftar Harga Ikan Cupang Halfmoon :

  • Cupang halfmoon juara sekitar Rp 500.000 per ekornya.
  • Cupang halfmoon anakan sekitar Rp 40.000 per ekornya.
  • Cupang halfmoon Indukan / Dewasa sekitar Rp 100.000 per ekornya.

3. Ikan Cupang Slayer

Kebanyakan orang tidak tahu, jika kalau ikan Cupang Slayer adalah hasil pernikahan silang antara ikan cupang Halfmoon dan Ikan cupang Serit. Tahukah kamu, Ikan cupang Slayer pernah viral di sekolah, para siswa membeli cupang Slayer untuk diadu dengan cupang milik temannya.

Ikan cupang slayer ini sering menjadi idola banyak orang. Karena mempunyai Bentuk ekor dan sirip yang sangat indah, ditambah dengan Warna yang terang pada bagian tubuhnya juga menambah daya tarik tersendiri.

Daftar Harga Ikan Cupang Slayer :

  • Cupang Slayer juara sekitar Rp 300.000 per ekornya.
  • Cupang Slayer anakan sekitar Rp 25.000 per ekornya.
  • Cupang slayer indukan / dewasa sekitar Rp 50.000 per ekornya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *