Skip to content

Keunikan Dan Fakta Hewan Anoa

anoa hewan endeik indonesia
SubfamiliBovinae
Kerajaan Animalia
Filum Chordata
Tingkatan takson Subgenus
KelasMamalia
OredoArtiodactyla
FamiliBovidae
GenusBubalus
SpesiesBubalus depressicornis dan Bubalus quarlesi

Hewan Anoa memiliki nama latin, yaitu Bubalus. Anoa adalah mamalia terbesar dan hanya hidup di daratan pulau sulawesi dan pulau buton. Hewan satu ini juga di sebut dengan lembu kerdil. Selain itu juga Anoa termasuk dalam golongan hewan peralihan. Selain itu fakta hewan anoa sangat banyak.

Akan tetapi sangat sayang karena Anoa termasuk dalam hewan yang terancam punah. Hal itu disebabkan oleh mausia yang sering memburu Anoa. Biasanya Anoa akan di ambil kulit, daging, dan tanduk. Selain ulah manusia anaoa juga berkembang biak dengan sangat lambat.

Menurut International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) jumlah populasi yang dimiliki anoa setiap tahunya terus berkurang. Pada riset data IUCN Red List yang dilakukan pada tahun 2018 populasi anoa tidak lebih dari 2500 ekor.

Hewan endemik indonesia ini memiliki dua jenis spesies, yaitu Anoa daratan rendah atau bubalus depressicornis dan Anoa pegunungan atau bubalus quarlesi. Kedua jenis hewan anoa sangat agresif dan sulit untuk dijinakan menjadi hewan ternak.

Perbedaan antara Anoa pegunungan dan Anoa daratan rendah terdapat pada tanduk dan tubuhnya. Anoa pegunungan memiliki badan kecil, ekor pendek, lembut, dan tanduk melingkar. Sedangkan anoa dataran rendah memiliki badan besar, Kakinya putih, berekor panjang, dan tanduk yang kasar.

Karena burung anoa merupakan salah satu dari hewan endemik indonesia kita harus bangga dan senang. Lalu apa sajakah hewan endemik indonesia, contohnya komdo khas nusa tenggara, Elang Jawa, Harimau sumatera, Badak bercula satu, kanguru khas papua, dan orangutan Sumatera.

Fakta Hewan Anoa

Setiap hewan pasti memiliki keunikan, kelebihan, dan kekuranganya masing-masing. Berikut ini merupakan fakta hewan Anoa yang jarang sekali di ketahui banyak orang dan sangat mengejutkan :

1. Ciri Tubuh Yang Dimiliki Anoa

ciri tubuh anoa

Bubalus memiliki warna kulit yang gelap mirip dengan kerbau. Tinggi anoa dataran rendah sekitar 80 sampai 100 cm, sedangkan Anoa pegunungan memiliki tinggi antara 60 sampai 75 cm. Kepala anoa menyerupai kepala yang dimiliki sapi, dan bentuk kaki serta kukunya menyerupai bentuk yang dimiliki banteng.

Ternyata tanduk yang dimiliki anoa memiliki fungsi untuk menggali tanah dan juga menyibak semak-semakan. Selain itu tanduknya di gunakan untuk menyerang lawanya.

Tanduk pada tubuh Anoa dataran rendah memiliki bentuk triangular, berkerut serta pipih dengan panjang 1,83–3,73 cm. Sedangkan tanduk yang dimiliki anoa pegunungan berbentuk bulat dan tidak ada jalur-jalur cincin dipangkal tanduk, panjangnya sekitar 14 cm sampai 20 cm.

2. Memakan Makanan Berair

Aquetic feed

Anoa adalah hewan herbivora. Sedangkan pengertian herbivora simplenya adalah hewan yang memakan tumbuhan, seperti rumput, buah-buhan, biji-bijian, dau-daunan. Hewan herbivora mudah kita temui di kehidupan kita, contohya seperti kambing dan sapi.

Saat berada dialam bebas Anoa memakan makanan aquatic Feed atau makanan berair. Makanan berair yang dimakan Anoa seperti pakis, rumput, tunas pohon, buah-buahan, dan umbi umbian.

Selain memakan makana aquatic Feed ternyata Anoa juga memerlukan garam untuk tubuhnya. Mereka mendapatkan garam dengan cara menjilat batu yang memiliki kandungan garam dan mineral untuk jenis yang berada di pegunungan. Sedangkan Anoa dataran rendah memenuhi kebutuhan garam mineral dengan meminum air yang ada dilaut.

3. Kebiasaan Menyendiri

Ternyata tidak hanya remaja saja loh yang suka menyendiri, akan tetapi ada beberapa hewan yang suka mandiri dan introvet. Istilah itu disebut dengan hewan soliter. contohnya seperti hewan anoa, hewn ini suka menyendiri atau hidup dengan pasanganya.

Tentu saja tidak selamanya Anoa menyendiri, Biasanya Anoa akan berkumpul pada waktu musim kawin dan saat masa membesarkan atau menyusui anak. Tentu saja setelah itu anoa akan kembali menyendiri lagi.

4. Memiliki Habitat Yang Indah

wisata di sulawesi

Habitat asli hewan Anoa berada di pulau Sulawesi, disana terdapat ribuan Anoa yang hidup dan berkembang biak Pulau komodo. Hewan anoa sudah menjadi ciri khas dari pulau sulawesi. Anoa mendiami daerah hutan lindung seperti Taman Nasional Lore Lindu.

Biasanya anoa hidup pada hutan yang lebat, daerah yang memiliki aliran air, seperti danau, sungai, rawa, bahkan sumber air panas yang mengandung mineral sekaligus,dan yg terakhir tentu saja area pantai.

Bagi pengunjung wisatawan yang ingin melihat hewan Anoa secara langsung bisa mendatangi Taman nasional yang ada di pulau sulawesi. Selain melihat Anoa para pengunjung juga bisa menikmati wisata-wisata yang berada di sana, contohnya seperti Benteng Rotterdam, danau Tondano, dan gunung Lokon.

5. Anoa Menjadi Nama Tank Tempur TNI

Panser Anoa 6x6

fakta hewan anoa satu ini sangat menarik, karena nama Anoa dijadikan sebagai nama tank tempur atau panser, panser ini merupakan bikinan anak bangsa dari PT. Pindad (persero). Selain itu panser ini juga digunakan oleh TNI (TentaraNasional Indonesia).

Panser Anoa memiliki berbagai bentuk dan varian, yaitu sebagai berikut :

  • Anoa 6×6 Mortal. Varian satu ini dilengkapi dengan pelontar mortir 81 mm dengan sistem recoil.
  • Anoa 6×6 Command. Varian ini dirancang untuk menjadi kendaraan para komandan dan pemimpin pada saat memimpin perang.
  • Anoa 6×6 Amphibious. Tipe ampibi adalah pengembangan terbaru, Varian ini memiliki fungsi untuk bisa berada diperairan dan bisa didaratan.
  • Anoa 6×6 Recovery. Tipe ini bagian belakangnya dilengkapi dengan berbagai macam peralatan recovery, seperti crane untuk mengangkat atau menarik.
  • Anoa 6×6 Ambulance. Varian ini untuk mengangkut segala kebutuhan medis dan melaksanakan tugas pembantuan.
  • Anoa 6×6 Logistic. Varian kali ini berfungsi sebagai pengangkut bahan logistik dalam pertempuran, seperti makanan, amunisi, senjata, dan peralatan tempur lainya.

6. Memiliki Waktu Perkembang biakan Yang Lambat

induk ana bersama anak

Anoa adalah hewan yang memiliki sistem perkembang biakan secara lambat. Bubalus dapat bertahan hidup sekitar 20 tahun hinga 25 tahun. Pada usia 2 sampai 3 tahun anoa sudah bisa merasakan musim kawin serta melakukan kembang biak.

Akan tetapi pada sejatinya anoa mencapai puncak dewasa seksualnya pada umur 3 sampai 4 tahun. Musim kawin anoa terjadi pada bulan Agustus hingga bulan Oktober. Dalam sekali musim kawin anoa hanya melahirkan satu anak, sangatjarang bagi anoa untuk melahirkan 2 samapi 3 anak sekaligus dalam satu musim kawin.

Masa reproduksi kehamilan anoa berlangsung sekitar 275 hari sampai 315 hari, itupun hanya 1 anak. Induk Anoa akan menjaga anaknya sekaligus masa sapih yang berlangsur selama enam bulan. Selain itu pada waktu pertumbuhan sampai usia produktip anoa akan hidup bertiga. Para induk, jantan dan anak akan berjalan hingga 5 km untuk cari makan.

7. Anoa adalah Hewan Pemalu

fakta hewan Anoa kali ini adalah hewan yang sangat pemalu. Sehingga mereka hanya hidup dalam hutan, hal itulah yang menyebabkan susah sekali untuk didekati manusia. Untuk bertahan hidup atau beratan dari serangan musuh anoa akan menceburkan diri kedalam rawa.

Anoa akan berubah menjadi agresif apabila terancam dan dalam bahaya, Anoa akan memakai tanduknya untuk bertahan sekaligus untuk menyerang musuh yang ada.

8. Selalu Menandai Wilayah

Para pejantan anoa akan menandai batas kekuasaanya dengan mengunakan tanduk pada pohon. Setelah menandai pohon dengan tanduk anoa juga akan mengencingi dan mengaruk tanah. Perilaku unik tersebut adalah cara anoa untuk menunjukan wilayah kekuasaanya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Satu pemikiran di “Keunikan Dan Fakta Hewan Anoa”