Skip to content

Keunikan Atau Fakta Bunga Matahari

fakta bunga matahari

Hayooo siapa yang tidak tahu tentang fakta bunga matahari. Bunga matahari ini memiliki nama ilmiah Helianthus annuus L. Nama tersebut berasal; dari kata helia yang berari mathari dan anthus berarti bunga. Bagian bunga ini adalah tanaman introduksi yang berasal dari Amerika.

Bunga matahari mempunyai keindahan pada kelopaknya yang menghadap ke atas, itulah mengapa orang-orang menyebutnya bunga matahari. Bunga ini bisa hidup di daerah subtropis maupun tropis bahkan pada ketinggian sampai 1.500 m dpl sekalipun.

Tanaman bunga matahari bisa tumbuh 1 hingga 3 meter tergantung varietas, memiliki batang yang tebal dan kuat. Benih yang diperoleh bunga matahari berasal dari penyerbukan, yakni transfer serbuk sari pada permukaan stigma organ betina reseptif.

Biji bunga matahari dapat dimanfaatkan sebagai cemilan makanan ringan, seperti kuaci maupun diolah menjadi minyak nabati. Awal pembungaan bunga matahari berkisar antara 19 hingga 22 hari setelah transplanting. Berikut Klasifikasi bunga Matahari menurut Benson

KingdomPlantae
Divisi Magnoliopyta
KelasMagnoliopsida
OrdoAsterales
FamiliAsteraceae
GenusHelianthus
SpesiesHelianthus annuus L.
Klasifikasi Bunga Matahari

Ciri-Ciri Bunga Matahari

Foto bersama bunga matahari

Tentu tidak hanya fakta unik dan klasifikasi bunga matahari saja yang kita bahas pada artikel ini namun kali ini kita akan membahas secara tuntas mengenai ciri – ciri dari bunga matahari yang memiliki keindahan. Berikut kumpulan ciri-ciri atau morfologi bunga matahari:

  • Tanaman matahari dibagi menjadi 2 macam yaitu bunga pita dan bunga tabung. Bunga pita adalah bagian bunga di sepanjang tepi cawan yang membentuk pita sedangkan untuk tabung merupakan bunga-bunga fertil (benang sari dan putik) yang biasanya menghasikan buah.
  • Akar bunga matahai memiliki bentuk serabut serta memiliki rambut-rambut akar.
  • Bunga matahari memiliki diameter ± 10 hingga 15 cm tergantung dari spesies.
  • Memiliki kelopak bunga yang berwarna kuning terang.
  • Memiliki tangkai panjang, batang dan daun berbulu.
  • Akarnya bisa mencapai kedalaman 3 meter.
  • Dapat Tumbuh hingga 1 sampai 3 meter.
  • Mempunyai daun lebar.

Manfaat Dan Fakta Bunga Matahari

Mari menuju topik utama yakni mengenai fakta Bunga Matahari. Tentusaja setiap tumbuhan atau bunga pasti memiliki keunikan dan manfaatnya tersendiri. Berikut ini kumpulan manfaat bunga matahari dan Keunikan bunga matahari.

1. Bijinya Bisa Membantu Diet

Manfaat bunga matahari kali ini cukup unik karena biji bunga matahari dikonsumsi untuk membantu proses diet. Didalam biji bunga matahari atau kuaci terdapat kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Kandungan tersebut merupakan protein nabati dan serat yang berasal dari bunga matahari ini bisa mengontrol rasa lapar kamu. Dengan adanya makanan ini kalian bisa dengan mudah kenyang jika kita bandingkan dengan mengkonsumsi karbohidrat atau lemak.

2. Kepala Bunga Matahari

kepala bunga kece

Keunikan atau fakta unik bunga matahari ini sangatlah keren, karena terdapat 1000 hingga 2000 individu bunga yang bergabung dengan pangkalan. Pada bagian tepi kita bisa menemukan kelopak besar yang merupakan pari individu, yang tidak dapat berkembang menjadi biji.

Selain itu kepala bunga matahari ini adalah kepala terbesar di dunia dengan diamater 32 ¼ inci jika kita ukur dari ujung luar kelopak ke ujung yang berlawanan. Kepala bunga terbesar itu ditanam oleh Emily Martin pada tahun 1983.

3. Bunga Matahari Bisa Mengurangi Radiasi Nuklir

Fakta bunga matahari mengurangi radiasi nuklir

Pada awalnya tumbuhan Matahari ini mungkin di tanam untuk bahan pangan ataupun sebagai hiasan. Namun jangan heran sekarang bunga matahari ini dapat di tanam untuk mengurangi radiasi dari nuklir loohh.

Radiasi nuklir ini sangatlah berbahaya bagi kehidupan manusia, karena dapat menyebabkan bebrbagai dampak, salah satunya kanker. Oleh sebab itu manusia akan meninggalkan tempat yang terkena radiasi, seperti kota Fukushima yang terkena ledakan pabrik nuklir pada 2011 lalu.

Meski daerah tersebut sudah tidak berpenghuni bukan berarti tidak terawat, melainkan para ilmuan akan tetap memantau pengecekan untuk melihat dari dampak radiasi nuklir tersebut.

4 Hasil Produksi Biji Matahari

Macam-macam biji bunga matahari

Ternyata ada 2 jenis produksi untuk biji matahari ini. Karena ada biji matahari yang non oilseed dan oilseed. Non oilseed ini merupakan biji yang sering kita konsumsi atau kita sebut dengan istilah kuaci. Klitnya ini memiliki garis yang mengandung banyak vitamin E dan selenium yang bisa membantu mencegah penyakit kronis.

Sedangkan oilseed merupakan biji yang paling sering di budiddayakan. Pada kulit biji oilseed ini memiliki warna hitam dan biasanya biji yang seperti ini dijadikan sebagai pakan burung karena banyak mengandung lemak yang sangat tinggi.

5. Perilaku Yang Unik

Fakta kali ini adalah bunga matahari ini mempunyai perilaku yang unik sangat unik. Perilaku tersebut bernama Heliotropik, sifat ini menyebabkan tanaman matahari ini bergerak mengikuti arah matahari. Namun sifat ini akan perlahan memudar jika biji matahari mulai tumbuh

Saat pagi hari tumbuhan matahari ini menghadap ke arah timur, sesuai dengan terbitnya matahari. Tumbuhab terebut akan terus bergerak mengikuti hingga matahari terbenam ke arah barat. Akan tetapi untuk bunga matahari yang tua kana tetap menghadap timur samapi panen.

6. Asalnya Dari Amerika Utara

Mungkin sekarang kita dapat menemui bunga matahari ini dengan mudah. Namun pada awalnya bunga matahari ini merupakan bunga asli daerah Amerika lebih tepatnya North Dakota di Amerika utara. Pada wilayah tersebut merupakan daerah Amerika yang paling banyak memproduksi bunga matahari.

Pada daerah tersebut setiap harinya terpancar sinar matahari selama 6 jam an memiliki tingkat pH tanah 6 Hingga 7,5. Bunga Matahari pada wilayah tersebut dimanfaatkan secara maksimal contohnya mulai dari biji yang olah menjadi makanan ada juga ekstak minyak untuk kecantikan dan obat gigitan hewan buas seperti ular.

7. Rekor Bunga Tertinggi Didunia

fakta bunga matahari tertinggi didunia

Pria bernegara Jerman bernama Hans Peter Schiffeg ini mempunyai tumbuhan matahari dengan ketinggian 8 meter. Bunga tersebut masuk kedalam catatan Guinness Book of World Records sebagai bunga tertinggi didunia dan bunga matahari yang tinggi ini di juluki Eiffel Flower.

Selain Hans Peter Schiffeg wanita asal inggris ini juga memiliki bunga matahari yang memiliki ketinggian 7 meter dan masih bisa berkembang. Padahal pemiliknya tidak memperilakukan tumbuhan tersebut dengan istimewah. namun bunga tersebut dapat memecahkan rekor dunia.

8. Menurunkan Kadar Kolesterol

minyak bunga matahari

Tumbuhan matahari yang diproduksikan menjadi minyak memiliki kandungan polyunsaturated fat yang cukup tinggi. Kandungan tersebut sangat berguna untuk mengganti mentega dan masih banyak lagi manfaat yang baik untuk kesehat terdapat pada minyak matahari.

9. Cara Panen Yang Unik

Mungkin dari kalian semua bertanya-tanya bagaimana kah cara memanen biji bunga matahari, berikut ini adalah penjelasannya. Saat masa panen tumbuhan matahari ini akan menghasilakn biji-biji yang akan kiata konsumsi dan ada juga yang akan menjadi calon individu yang baru.

Biji yang dihasilkan ini ada dua jenis sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, yakni yang berminyak dan non berminyak. Lalu cara memanen biji matahari ini dengan cara menggosok bunganya maka akan dengan mudahnya biji matahari akan rontok sendiri.

10. Bijinya Dapat Kita makan

bijinya dapat dikonsumsi

Ya mungkin kita semua sudah pernah memakan biji bunga matahari atau biasanya kita menyebutnya dengan nama kuaci. Biasanya kita menjadikan kuaci sebagai cemilan disaat kumpu bersama teman.

karena cara makan kuaci ini berbeda dann hal itu menyebabkan kuaci tidak cepat habis. Selain itu terdapat juga kandungan protein, lemak, mineral, karbohidrat, dan vitamin pada 100 gram biji matahari yang meliputi sebagai berikut:

KandunganBanyak
Fosfor1155 mg
Energi582 kalori
Lemak49,8 g
Serat11,1 g
Protein19,33 g
Karbohidrat24,07  g
Kalsium70 mg
Magnesium129 mg
Vitamin B10,106 mg
Vitamin B20,246 mg
Vitamin C1,4 mg
Vitamin E26,1 mg
Dan masih banyak lagi

11. Dapat Mencegah Kanker

Manfaat ataupun fakta bunga matahari kali ini sangatlah berguna untuk kehidupan manusia. Karena kuaci bermanfaat untuk mengontrol kerusakan pada sel, sehingga sangatlah penting untuk mencegah serangan kanker. Lalu kenapa biji bunga Matahari bisa mencegah kanker ?

Jawabanya karena terdapat kandungan selenium, yang mana kandungan ini merupakan musuh utama bagi sel kanker itu sendiri. Selenium ini bisa memperbaiki DNA dan sintesis pada sel yang rusak, selain itu selenium ini dapat menghambat pertumbuhan dan bahkan mematikan kanker.

Selain terdapat kandungan selenium ada juga kandunga Vitamin E yang terdapat pada kuaci Vitamin ini berguna untuk melindungi sel pada tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Keusakan sel-sel ini lah yang menyebabkan resiko kanker.

Penutup

Mungkin itu semua kumpulan dari klasifikasi bunga matahari, ciri-ciri bunga matahari, manfaat dan beberapa fakta bunga matahari yang jarang kita ketahui. Dengan adanya artikel ini tentu akan menambah pengetahuan tentang bunga matahari yang berasal dari Amerika Utara ini.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *