Skip to content

Keunikan Dan Fakta Burung Cendrawasih

fakta Burung cendrawasih khas indonesia
Kerajaan Animalia
Filum Chordata
Kelas Aves
Ordo Passeriformes
Famili Paradisaeidae
Speies Paradisaea minor
Lycocorax pyrrhopterus
Paradisaea rudolphi
Paradigalla carunculata
Astrapia nigra
Paradisaea rubra

Siapa sih yang tidak mengenal burung Cendrawasih ini, burung yang memiliki bentuk dan warna yang sangat elok. Kita dapat menemui burung Cendrawasih di Australia Timur dan Indonesia bagian timur, Seperti Papua, Papua Nugini, Pulau-pulau Torres.

Burung cendrawasih memiliki nama famili Paradisaeidae, Nama tersebit diambil dari kata paradise yang memiliki arti surga. Karena memiliki bulu yang indah, burung cendrawasih banyak diburu sama manusia. Hal itu lah yang menyebabkan Burung cendrawasih menjadi langka.

Tentu saja kali ini kita akan membahas 9 Keunikan dan fakta burung cendrawasih:

Fakta Burung Cendrawasih

Setiap hewan pasti memiliki keunikan, kelebihan, dan kekuranganya masing-masing. Berikut ini merupakan kumpulan dari keunikan dan fakta burung Cendrawasih asli Papua yang jarang sekali di ketahui banyak orang dan sangat mengejutkan :

1. Burung Cendrawasih Memiliki Julukan

Burung cendrawasih ini memiliki julukan birds of paradise yang artinya burung dari surga. Dijuluki demikian karena memiliki warna bulu yang sangat mengagumkan.

2. Burung Cendrawasih Memiliki banyak Spesies

Ternyata burung cendrawasih memiliki banyak genus dan juga spesies looh. Memiliki 14 genus, 43 spesies, dan 30 spesiesnya terdapat di Indonesia. Selain itu juga burung cendrawasih memiliki 2 jenis ,yaitu cendrawasih merah (paradisaesa rubra) dan burung cendrawasih biru (Paradisaea rudolphi).

Berikut ini beberapa kumpulan spesies burung Cendrawasih:

1. Paradisaea minor (Cendrawasih Kuning Kecil)

fakta burung cendrawasih kuning kecil

Cendrawasih kuning kecil atau paradisaea minor dapat kita temukan pada Irian jaya dan Papua nugini. Selain itu burung cendrawasih ini dapat kita temukan pada Pulau misol, pulau yapen, Provinsi Papua dan Provinsi Irian Jaya Barat.

Ternyata Cendrawasih kuning kecil adalah sepesies poligami. Yang pejantannya memiliki ritual memamerkan bulu ekornya untuk menarik betina. setelah itu sang jantan akan meninggalkan sang betina dan mencari pasangan yang baru lagi.

Para penelitin mengatakan bahwa burung cendrawasih ini memiliki racun pada kulitnya, diperkirakan racun tersebut berasal dari serangga yang dimakannya. Spesies ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada yang lainnya, Yaitu memiliki panjangnya 32 cm.

Cendrawasih Kuning Kecil memiliki ciri-ciri bulu yang mayoritas berwarna merah marun, mahkota berwarna kuning, punggung berwarna kuning kecoklatan. Burung yang jantan pada bagian lehernya memiliki warna hijau zamrud.

2. Lycocorax pyrrhopterus (Cendrawasih Gagak)

fakta burung cendrawasih gagak

Cenderawasih gagak atau Lycocorax pyrrhopterus dapat kita temukan di indonesia lebih tepatnya pada kepulauan maluku. Hal inilah yang menyebabkan orang barat menyebut Cendrawasih gagak dengan sebutan Halmahera Paradise Crow.

Spesies ini memiliki panjang antara 35 cm. Bulu dan paruhnya berwarna hitam sedangkan matanya berwarna merah. serta mempunyai kicauan yang berbeda dengan burung kebanyakan, kicauannya lebih mirip seperti suara anjing.

Burung cendrawasih gagak secara fisik, antara pejantan dan betina tidak memiliki perbedaan yang banyak. Dan tidak seperti burung cendrawasih sebelumnya, ternyata burung yang satu ini merupakan hewan yang setia pada satu pasanganya. Hal itu disebut dengan istilah monogami.

3. Paradisaea rudolphi (Cendrawasih Biru)

fakta burung cendrawasih biru

Cendrawasih biru atau Paradisea rudolph merupakan spesies yang termasuk genus paradisaea. Burung ini merupakan burung yang luar biasa dari pada burung yang lainya, karena memiliki ssayap yang cantik dan juga mewah, serta dua kabel yang terdapat pada jantan.

Ternyata Cendrawasih biru juga termasuk dalam sepesies poligami atau memiliki banyak pasangan. Pejantannya memiliki ritual memamerkan bulu ekornya untuk menarik betina. setelah itu sang jantan akan meninggalkan sang betina dan mencari pasangan yang baru lagi.

Ciri-ciri Burung ini memiliki panjang 30 cm serta mempunyai warna hitam dan biru, paruhnya putih kebiruan, kaki berwarna abu-abu, iris matanya memiliki warna coklat tua, pada sekitar mata terdapat dua buah setengah lingkaran putih, dan sayap yang berwarna biru terang.

4. Paradisaea decora (Cendrawasih Goldi)

fakta burung cendrawasih goldi

Cendrawasih goldi atau paradisaea decora adalah hewan endemik papua nugini. Burung cendrawasih ini menyukai buah-buahan. Karena habitanya semakin berkurangdan sering diburu, Cendrawasih goldi termasuk spesies yang terancap.

Paradisaea decora memiliki ciri-ciri panjang 33 cm dan warna coklat zaitun. Pada bagian dada jantan memiliki warna keunguan dan bulu kuning dan hijau. sedangkan bagian badan dihiajsi dengan bulu hias berwarna merah tua.

5. Paradisaea rubra (Cendrawasih Merah)

fakta burung cendrawasih merah

Cendrawasih merah atau paradisaea rubra terkenal mempunyai daya tarik yang tinggi. Selain itu burung Cendrawasih merah adalah hewan endimik indonesia. Yang terdapat pada pulau papua bagian barat yang meliputi raja ampat dan tersebar pada teluk cendrawsih, seperti Pulau Waropen, Pulau Biak, dan Nabire.

Ciri-ciri cendrawasih merah meiliki panjang 33 cm dan jika kitalihat memiliki warna dominan merah darah. Pada bagian ekor terdapat campuran warna putih, akan tetapi ada juga yang mempunyai campuran ekor dengan warna kuning yang merupakan warna dasar dari cendrawasih.

Akan tetapi sangat sayang karena cendrawasih merah termasuk hewan yang dilindungi oleh UU No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dan Peraturan Pemerintah No 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar.

3. Habitat Burung Cendrawasih Yang Indah

raja ampat

Burung cendrawasih tersebar pada pulau papua, papua nugini, dan australia. Cendrawasih biasanya hidup pada saban yang terbuka, hutan hujan tropis, dan hutan mid montana. Habitat yang ditempati cendrawasih memiliki banyak kekayaan alam.

Contoh habitat burung cendrawasih adalah raja ampat yang terkenal memiliki banyak pulau-pulau yang indah. Kepulauan Raja Ampat adalah rangkaian dari empat gugusan pulau yang dekat dan berlokasi pada barat bagian Kepala Burung Pulau Papua

4. Pernah Terkenal Pada Acara Tv Barat

Fakta burung cendrawasih kali ini sangat mengejutkan, karena Burung cendrawasih pertama kali populer pada tahun 1996. Hal itu disebabkan oleh acara televisi yang disiarkan oleh pencinta alam, yang bernama David Attenborough.

Pada saat itu David Attenborough mengambil cuplikan kehidupan tentang burung cendrawasih yang ada pada papua nugini. Pada video tersebut terdapat kebiasaan saat makan dan kawin, serta ciri khas cendrawasih.

5. Hewan Yang Dilindungi Pemerintah

Cendrawasih terkenal karena memiliki keindahan pada bulunya yang sangat elok dan beragam warna. Karena kecantikan dan keindahan itulah yang mengakibatkan cendrawasih menjadi sasaran pemburuan, untuk menjadi hiasan.

Seperti yang sudah tercantum pada UU No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dan Peraturan Pemerintah No 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar.

6. Termasuk Hewan Soliter

Burung yang indah satu ini ternya adalah hewan yang soliter looh. Soliter adalah hewan yang hidup sendiri atau hidup dengan pasanganya, biasanya cendrawasih akan bersama sama pada saat musim kawin dan membuat sarang dari daun, pakis, dan lain-lain.

7. Ritual Kawin Yang Sangat Unik

Fakta burung cendrawasih satu ini sangat lah unik karena burung cendrawasih jantan memiliki tarian untuk memikat hati cendrawasih betina. Tarian ini termasuk dalam tarian yang luar biasa karena fleksibilitas bulu dan keindahan warna bulunya.

Cendrawasih jantan ternyata sangat serius dalam mempersembahkan tarian looh. hal tersebut bisa kita lihat ketika membersihkan paruh dan sarang yang akan menjadi pangung untuk ritual mereka.

Selain ternyata cendrawasih jantan juga mempersembahkan kicauan yang sangat indah. untuk cendrawasih betina agar segera mau diajak kawin.

8. Bulunya Yang Khas

mahkota cendrawasih

Bulu pada burung cendrawasih jantan tidak sama dengan bulu yang terdapat pada cendrawasih betina. Karena bulu pada jantan memiliki warna yang cerah dan juga licin. Selain itu pada cendrawasih jantan terdapat ciri khas bulu yang besar seperti mahkota.

9. Bulu Cendrawasih Dulu Menjadi Hiasan

Masyarakat papua pada zaman dahulu menjadikan bulu cendrawasih sebgai hiasan pada pakaina mereka. Kemudian pada abada 19 sabad 20 bulu cendrawasih juga pernah menjadi tren hiasan topi wanita-wanita eropa.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *