Skip to content

12 Keunikan Dan Fakta Harimau Sumatera

fakta harimau sumatera
KerajaanAnimalia
FamiliFalidae
KelasMamalia
FilumChordata
OrdoCarnivora
GenusPanthera
SpesiesP. tigris
SubspesiesP. t. sondaica

Siapa sih yang tidak tahu tentang Fakta harimau Sumatera yang termasuk dari hewan endemik Indonesia. Mungkin kita semua hanya mengetahui satu sampai dua saja tentang fakta Harimau Sumatera ini, jika demikian mari kita simak penjelasan dan fakta harimau sumatera berikut.

Selain memiliki nama latin harimau sumatera juga biasanya dikenal dengan sebutan Satue dan nek ngau, arti dari nama satue adalah suatu sosok yang dituakan atau dihormati.

Harimau Sumatera memiliki nama ilmiah Panthera tigris sumatrae. Harimau sumatera ini merupakan satu-satunya spesies yang masih hidup di Indonesia setelah Harimau bali punah pada tahun 1930-an dan disusul harimau jawa pada tahun 1980-an.

Kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Harimau Sumatera seperti beberapa ciri-ciri, manfaat dan tidak lupa fakta Harimau Sumatera. Mungkin salah satu dari kalian semua akan terkejut dengan fakta Harimau Sumatera ini. Berikut daftar fakta Harimau Sumatera:

Fakta Harimau Sumatera

Tentunya Setiap hewan pasti memiliki keunikan, kelebihan, dan kekuranganya masing-masing. Berikut ini merupakan kumpulan dari keunikan dan fakta Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) asli pulau sumatera yang jarang sekali di ketahui banyak orang dan sangat mengejutkan:

1. Harimau Sumatera Perenang Yang Handal

Fakta harimau sumatera  jago berenang

Harimau Yang termasuk sebagai salah satu dari jenis kucing tentunya Harimau punya perbedaan dengan jenis kucing yang lain. Tetapi hal tersebut berbeda dengan kucing besar yang satu ini yang lebih menyukai air dan haldal dalam urusan berenang.

Selain jago berenang harimau sumatera juga suka berendam untuk mendingin kan badannya looh. Jadi apabila kita dikejar oleh harimau Sumatera jangan sekakli-kali berfikiran kabur dengan cara berenang, karena harimau adalah pemangsa yang handal dalam berenang.

Lalu bagaimana harimau sumatera bisa berenang dengan handal ? jawabanya karena harimau memiliki selaput pada bagian jari-jarinya, yang man selaput ini kebanyakan tidak dimiliki oleh kucing lainya. Sebagaimana yanng kita ketahui bahwa kebanyakan kucing membenci air.

2. Tubuh Yang Terkecil Namun Berbahaya

Fakta harimau sumatera kali ini mungkin baru kalian ketahui, karena harimau sumatera adalah jenis harimau terkecil jika di bandingkan dengan jenis harimau-harimau yang dada didunia ini.

Justru karena Harimau Sumatera dibekali dengan tubuh yang kecil, menyebabkan dia lebih lincah mengejar mangsanya dan mudah untuk menjelajahi hutan. Hal tersebut sangat berguna apalagi harimau memiliki penciuman yang tajam serta penglihatan dan pendengaran yang bagus.

Sebagaimana yang sudah disebutkan dalam data, bahwa harimau sumatera jantan Hanya memiliki tinggi 60 cm, panjang sekitar 2.5 m, dan berat mencapai 140 kg. Sedangkan harimau sumatera betina hanya memiliki panjang sekitar 2 m, dan berat kurang lebih mencapai 90 kg.

3. Sub-speies Yang Sudah Tua

Fakta Harimau Sumatera yang satu ini sangat mengejutkan karena harimau sumatera bukan lah sub-spesies terbaru melainkan sub-spesies yang sudah tua. Hal tersebut sudah terbukti dengan ditemukanya fosil di China yang sudah berusia 2 juta tahun yang lalu.

4. Payah Dalam Urusan Memanjat

Sebagai mana yang sudah dijelaskan tadi harimau sumatera memanglah pandai dalam berenang, akan tetapi harimau ini sangat payah dalam urusan memanjat. Jadi solusi yang tepat apabila kita dikejar holeh harimau hendaknya kita memanjat pohon yang tinggi.

5. Suka Tempat Yang “Adem”

Harimau tidak sama dengan kucing lainya, akan tetapi kucing besar atau harimau sumatera satu ini lebih menyukai tempat dingin. Biasanya harimau akan berendam atau berenang dan setelah itu akan beristirahat di tepi sungai.

6. Harimau Sumatrea Pandai melompat

Ups, meskipun harimau sumatera tidak pandai dalam memanjat, akan tetapi harimau sumatera selain jago berenang ternyata juga melompat looh. Lompatan harimau bisa mencapai ketinggian 10 meter, bahkan saat harimau duduk.

7. Memiliki Gigitan Yang Kuat

Untuk mengurai-urai mangsanya tentu saja harimau memerlukan tenaga gigitan yang sangat kuat. agar mempercepat harimau saat makan. Selain itu tahukah kalian berapa gaya gigitan pada harimau ?, gigitan harimau memiliki 450 kilogram gaya looh.

8. Harimau Sumatera Terancam Punah Dan Dilindungi Pemerintah

Saat ini populasi yang dimiliki oleh harimau sumatera tidak lebih dari 400 ekor saja. Banyak manusia yang memburu Harimau Sumatera untuk dijadikan hewan peliharaan dan banyak juga yang menjadikan kulit harimau sumatera sebagai hiasan. Selain perburuan ada juga faktor yang hambatan bagi harimau sumatera, seperti faktor habitat.

Hal itulah yang menjadikan populasi Harimau Sumatera terus menerus berkurang, dan menyebabkan harimau sumatera menjadi terancam. Pemerintah daerah juga telah memunculkan UU terkait perlindungan terhadap Harimau Sumatera. Seperti yang sudah tercantum pada:

  • Pasal 21 ayat (2) Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam
    Hayati dan Ekosistemnya menyebutkan bahwa setiap orang dilarang untuk menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup dan mati.
  • Pasal 15 ayat (5) Qanun Aceh Nomor 20 Tahun 2002 tentang Konservasi Sumber Daya Alam menyebutkan bahwa “setiap orang dilarang menangkap, memperdagangkan, membunuh dan/atau memusnahkan jenis tumbuhan dan/atau satwa langka dan yang dilindungi oleh undang-undang”.

9. Loreng Harimau Sumatera Adalah Sidik Jari

fakta loreng harimau sumatera

Apabila kita mengamati dengan sangat detali, kita akan melihat pola yang sangat unik dari harimau sumatera ini. Karena Harimau sumatera ini memiliki pola garis lebih tipis yang berbeda setiap individualnya, dan berbeda jika kita lihat dari kebanyakan sub-spesies harimau lainnya.

Jika manusia memiliki sidik jari yang yang berbeda, untuk mengidentifikasi diri. harimau juga memiliki loreng yang memiliki fungsi yang sama seperti sidik jari, untuk untuk diidentifikasi.

Pada bagian kanan dan kiri harimau sumatera memiliki pola garis yang saling berbeda. Selain itu harimau juga memiliki 2 bagian rambut pelindung, yaitu rambut yang panjang dan rambut pendek.

Rambut panjang pada harimau memiliki fungsi sebagai perisai atau pelindung, sedangkan rambut yang pendek berguna untuk menangkap udara dan tentunya untuk menjaga supaya tubuh harimau tetap dalam keadaan hangat.

10. Memiliki Habitat Yang Luas Dan Indah

Danau toba sumatera

Harimau merupakan hewan yang hidup dengan mandiri, oleh sebab itu mereka kan menjelajahi wilayah kekuasaanya dengan sendiri. Biasanya harimau betina hanya memiliki wilayah teritorial seluas 50 km persegi. sedangkan harimau jantan memiliki wilayah teritorial yang bisa mencapai 150 km persegi.

Pulau sumatera yang menjadi habitat asli dari Panthera tigris sumatrae atau harimau sumatera. Selain menjadi rumah dari harimau sumatera yang merupakan hewan endemik indonesia, pulau sumatera juga memiliki banyak tempat wisata yang indah , seperti Danau Toba, Gunung Kerinci, dan Air Terjun Sipiso Piso.

11. Aumanya Sangat Wow

fakta auman harimau sumatera

Sebagai Binatang pemuncak rantai makanan, harimau juga tidak kalah dengan singa. karena harimau selain memiliki gigitan yang sangat kuat, harimau sumatera memiliki auman yang sangat keras looh. Auman harimau dapat terdengar hingga jarak 3 km. Mungkin jika kita berada disebelah harimau yang sedang mengaum telinga kita akan terasa sakit.

12. Harimau Hewan Yang Soliter

Harimau adalah hewan soliter. Lalu apakah hewan soliter itu ?, hewan soliter adalah hewan yang hidup sendiri dengan mandiri atau biasanya hanya hidup dengan pasangannya saja. Contoh hewan soliter adalah Kanguru,Beruang Kutub, Bahkan anoa yang termasuk hewan endemik indonesia.

Ciri-Ciri Harimau Sumatera

Ciri-ciri harimau sumatera

Harimau Sumatera tentu saja memiliki ciri-ciri yang sangat khas dan berbeda dengan harimau lainnya, berikut ini daftar ciri-ciri Harimau Sumatera:

  1. Harimau Sumatera memiliki tinggi mencapai 60 cm
  2. Panjang sekitar 2 sampai 2,5 meter
  3. Beratnya sekitar 90-140 kilogram
  4. Memiliki loreng yang tipis dan gelap
  5. Sisi kanan dan kiri harimau sumatera memiliki pola loreng yang berbeda
  6. Garis loreng yang rapat

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *